sosialisasi-laporan-pengukuran-kepuasan-unuja-semester-genap-thn-akademik-2023-2024

Sosialisasi Laporan Pengukuran Kepuasan UNUJA Semester Genap Thn Akademik 2023-2024

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan, Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo Tahun 2023, melalui Lembaga Pengawasan dan Penjaminan Mutu (LPPM), Universitas Nurul Jadid melakukan sosialisasi hasil survei kepuasan terhadap mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan wali mahasiswa. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring pada Senin, 30 September 2024 ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas layanan yang diberikan oleh universitas dan mendapatkan masukan untuk perbaikan.

Kepala LPPm, Moh Furqan, M.Kom., mengatakan bahwa Kegiatan ini dilakukan setiap akhir semester untuk mengevaluasi kepuasan civitas akademika. Pada semester genap tahun akademik 2023-2024, dilakukan pengukuran terhadap sekitar 4123 mahasiswa, 196 dosen, 13 tenaga kependidikan, dan 15 orang tua atau wali mahasiswa.

Hasil survei menunjukkan tingkat kepuasan yang cukup tinggi dari seluruh elemen civitas akademika. Secara keseluruhan, tingkat kepuasan mahasiswa mencapai 78,5%, dosen 82,82%, tenaga kependidikan 81,76%, dan wali mahasiswa 83,75%.

Tren Kepuasan Per Fakultas

Analisis lebih lanjut menunjukkan tren yang menarik pada tingkat kepuasan di setiap fakultas. Fakultas Teknik (FT) mengalami peningkatan tingkat kepuasan secara konsisten sejak tahun 2021. Sementara itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FIS) mengalami sedikit penurunan setelah peningkatan pada tahun sebelumnya. Fakultas Kesehatan (FKES) menunjukkan tren yang fluktuatif, sedangkan Fakultas Pascasarjana mengalami penurunan tingkat kepuasan.

Berdasarkan hasil survei ini, Universitas Nurul Jadid akan melakukan sejumlah perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan.