Melihat Hasil Kepuasan Mahasiswa, Dosen, dan Tenaga Kependidikan Universitas Nurul Jadid
Probolinggo, Universitas Nurul Jadid, 14 Sep 2023 - Lembaga Pengawasan dan Penjaminan Mutu (LPPM) Universitas Nurul Jadid melakukan sosialisasi hasil survei kepuasan terbaru tentang pengalaman akademik mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan di dalam kampus.
Sosialisai ini dihadiri oleh Wakil Rektor I, II, III dan IV, Dekan Fakultas, Direktur Pasca Sarjana, Kepala Lembaga, dan Ketua Program Studi melalui media online via aplikasi zoom yang dilakukan pukul 13.00 s.d 15 WIB di tempat masing-masing.
Hasil survei kepuasan mencakup sejumlah aspek kunci yang mencerminkan beragam dimensi dalam lingkungan universitas:
- Aspek Tangibles (Sarana dan Prasarana Pendidikan): Sarana dan prasarana pendidikan di Universitas Nurul Jadid mendapatkan penilaian yang tinggi dari responden. Ini mencakup fasilitas fisik, perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya yang mendukung pembelajaran.
- Aspek Reliability (Keandalan Dosen dan Tenaga Kependidikan): Dosen dan tenaga kependidikan diakui atas keandalan mereka dalam memberikan pendidikan berkualitas dan mendukung perkembangan mahasiswa.
- Aspek Responsiveness (Sikap Tanggap): Universitas ini mendapat pujian karena sikap tanggapnya terhadap kebutuhan mahasiswa, baik dalam konteks akademik maupun non-akademik.
- Aspek Assurance (Perlakuan pada Mahasiswa): Perlakuan positif terhadap mahasiswa
- Aspek Empathy (Pemahaman Terhadap Kepentingan Mahasiswa): Kepedulian dan pemahaman terhadap kepentingan mahasiswa diakui sebagai salah satu faktor kunci dalam keberhasilan Universitas Nurul Jadid.
- Aspek 4 Anti (Anti Korupsi, Anti Intoleransi, Anti Kekerasan Seksual, dan Anti Perundungan): Universitas ini menunjukkan komitmen kuat dalam memerangi korupsi, intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan, yang tercermin dalam hasil survei ini.
Hasil survei menunjukkan bahwa 4233 responden mahasiswa dari 4 fakultas dan 1 program pasca sarjana pada semester genap tahun ajaran 2022 hingga 2023 memberikan penilaian yang positif, dengan tingkat kepuasan umum dinyatakan sebagai "Baik" (B). Sementara itu, hasil yang sangat memuaskan datang dari responden dosen yang berjumlah 192 dengan tingkat kepuasan "Sangat Baik" (A), dan tenaga kependidikan yang juga mendapatkan kategori "Baik" (B) dengan total responden 19.
Kepala LPPM UNUJA Bapak Moh. Furqan, M.Kom, mengatakan, "survey kepuasan ini untuk mengukur kepuasan (kinerja) yang dilakukan UNUJA (Universitas Nurul Jadid) bukan LPPM, maka dari itu kami berharap pihak terkait bisa melakukan follow up dalam artian mendorong civitas akademika untuk melakukan feed back secara berkala"
Dari sosialisasi memberikan peluang untuk evaluasi dan perbaikan lebih lanjut. Unit-unit yang berkaitan dengan masing-masing aspek diharap mengambil langkah-langkah strategis untuk memastikan bahwa hasil survei mendatang dapat mencapai tingkat kepuasan yang lebih tinggi bagi seluruh civitas akademika dan juga hasil survei kepuasan ini bukan hanya menjadi prestasi bagi Universitas Nurul Jadid, tetapi juga cerminan dari kerja keras, dedikasi, dan komitmen semua pihak yang terlibat dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi komunitas akademik universitas ini.
Reporter-Desainer: Nuril Lukluwatil Jannah
Official Website : https://lppm.unuja.ac.id/
Instagram : https://www.instagram.com/lppm.unuja/
Youtube : LPPM Universitas Nurul Jadid
E-mail : lppm@unuja.ac.id